Runner Profile: Budi Buren

Runner Profile: Budi Buren

August 3, 2019 | Runner Profile Series

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Runners, meet Budi Buren!

Budi adalah pegiat olahraga yang sudah aktif berlari dalam tiga tahun terakhir. Awalnya, pria berumur 33 tahun ini lebih aktif menggeluti olahraga basket dan futsal. Semenjak diajak oleh teman-temannya untuk ikut event lari, Budi menjadi rutin mengikuti event-event lari lainnya yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. Salah satu event yang pernah ia ikuti adalah BFI Run 2019. Pada event ini, Budi berhasil mandapatkan personal best-nya yaitu berlari sejauh 21k dalam waktu 2 jam 6 menit.

Setelah aktif mengikuti event-event lari di Indonesia, Budi akhirnya mencicipi marathon pertamanya di Malaysia. Selain karena ketertarikannya untuk mencoba rute-rute lari yang baru, mengikuti event lari juga membuatnya merasa lebih tertantang dan termotivasi karena ia jadi memiliki target yang ingin dicapai.

Untuk menjaga kondisi fisiknya agar selalu siap untuk event selanjutnya, Budi selalu memastikan untuk berlari dan melakukan olahraga lain seperti renang dan basket minimal sekali seminggu. “Motivasi gue untuk rutin lari sih untuk maintain biar stabil dulu. Jadi nanti kalo ada rezeki dan bisa ikut event di luar lagi, gue udah siap dan gak perlu mulai lagi dari awal. Kan sayang udah jauh-jauh ke luar negeri tapi DNF (do not finish). Menurut gue, pengalaman lari itu harus dibarengi dengan finish,” kata Budi.

 

Budi Buren (@burenited) | Bandung
Pocari Sweat Run Bandung 2019

 

Budi juga sering membagikan foto-fotonya saat mengikuti event lari ke instagram. Berkat foto-foto larinya, Budi berhasil memotivasi kerabatnya yang tidak pernah berlari hingga bisa mengikuti event lari dengan jarak 21 kilometer, atau lebih dikenal dengan istilah half marathon, hanya dalam waktu setengah tahun saja.

Tips dari Budi bagi pelari pemula adalah mencari dulu bagian fun dari olahraga yang ingin ditekuni. “Terbukti sih dari temen-temen yang gue ajak. Mereka biasanya cuma olahraga basket atau futsal, tapi gue ajak daftar aja dulu. Eh, lama-lama mereka yang ngajak duluan. Mereka seneng dan tertarik sama suasana dan hype-nya sih, jadi ya harus nyoba aja dulu,” kata Budi.

Selain rutin mengikuti berbagai event lari secara offline, Budi juga suka mengikuti event virtual run. Menurutnya, keberadaan inovasi seperti virtual run sangat membantunya untuk memiliki motivasi tidur cepat, bangun pagi dan berlari. Bagi Budi, selain dapat membuat badan sehat, berlari juga dapat menjauhkannya dari hidup tidak teratur.

Recent Profile

Runner Profile:
Maria Sari
Runner Profile:
Henny Onggo
© Copyright 2019 Cause Virtual Run