5 Cara Praktis Meredakan Stress dengan Olahraga

March 15, 2021 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Selain meningkatkan kesehatan fisik, olahraga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mental kita, seperti menurunkan tingkat stress, meningkatkan kepercayaan diri, dan menimbulkan rasa senang atau semangat. Bahkan saat ini beberapa pakar merekomendasi olahraga sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan menurunkan tingkat stress.

Pada awalnya mungkin akan terasa berat dan sulit untuk memulai kebiasaan baru dengan berolahraga, atau mungkin saja kamu bingung darimana harus memulainya. Tenang saja! CAUSE sudah menyiapkan lima tips praktis yang bisa kamu ikuti di bawah ini.


1. Cari Olahraga yang Tepat Untukmu



Olahraga kardiovaskular terbukti bermanfaat dalam memicu tubuh untuk mengalirkan lebih banyak darah ke otak, yang dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih jernih. Selain itu, melalui olahraga kardiovaskular, paru-paru juga terpacu untuk menghirup lebih banyak oksigen, sehingga kita dapat belajar mengatur pernapasan yang dapat meredakan emosi atau stress.

Kami merekomendasi kamu untuk mencoba olahraga kardiovaskular seperti lari atau bersepeda. Selain mudah dan praktis untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun, olahraga lari dan bersepeda dapat mengembangkan daya tahan dan stamina tubuh. Terlebih kalau kamu juga berencana untuk mengurangi berat badan.




2. Tentukan Tujuan



Penting sekali untuk menentukan tujuan kamu sebelum memulai berolahraga, agar kamu dapat mengukur progress dan menjadikannya sebagai motivasi untuk terus bergerak. Gunakan aplikasi CAUSE (dapat diunduh melalui Play Store/App Store) untuk mengukur kecepatan dan jarak lari atau bersepeda.

Pastikan dirimu terus berkomitmen untuk bergerak secara konsisten dan reguler, karena mampu untuk melakukannya secara konsisten saja sudah merupakan pencapaian yang patut diselebrasi, dan ketahuilah bahwa setiap aktivitas yang kamu lakukan dapat membuat mood-mu lebih baik.




3. Sediakan Waktu Olahraga



Buka kalender dan tentukan hari untuk kamu mulai rutin berolahraga. Menyediakan waktu dengan sengaja dapat melatih diri untuk terus konsisten dalam berjuang menghadapi masalah. Namun, pastikan kamu menyesuaikan waktu olahraga kamu dengan jadwal sehari-hari kamu ya, agar tidak membuatmu semakin stress karena jadwal yang begitu padat.

Alternatif lain dari menentukan jadwal, kamu juga bisa mencoba untuk lebih banyak berjalan, berlari, atau bersepeda kemanapun kamu pergi atau menggunakan transportasi umum yang mengharuskan kamu untuk menempuh jarak dengan kaki terlebih dahulu. Sehingga, kamu tetap bisa berolahraga sambil memenuhi jadwal aktivitasmu sehari-hari.




4. Ikuti Tantangan Virtual Run or Ride



Tantangan dapat digunakan untuk melatih diri untuk fokus dengan satu hal dan memacu semangat untuk terus berjuang. Mungkin awalnya akan terasa berat dan cukup mencemaskan dalam menghadapi tantangan, karena takut tidak mampu untuk menyelesaikannya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena CAUSE menyediakan virtual run or ride yang dapat kamu lakukan kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun.

Kamu bisa mulai berlari indoor dengan treadmill atau bersepeda keliling komplek bersama dengan teman-temanmu. Tantangan yang berhasil kamu selesaikan dapat meningkatkan mood dan kepercayaan diri dalam menghadapi masalah.




5. Pelan-pelan Saja



Poin paling penting, tapi kerap dianggap remeh, karena banyak kalangan yang mengasosiasikan kata ‘pelan’ sebagai lamban, tidak sesuai ekspektasi, atau gagal. Padahal, memulai langkah kecil yang baru dapat dikatakan sebagai hal yang baik, lho! Justru ada baiknya bila kamu memulai dengan perlahan untuk membangun stamina.

Fokuslah hanya pada pemulihan dan pengembangan diri kamu, bukan pada kompetisi, karena olahraga selayaknya menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Pantau progress kamu dengan menggunakan aplikasi CAUSE, yang akan senantiasa menemani setiap langkahmu.

Recent Posts

Runner Profile:
Maria Sari
Runner Profile:
Henny Onggo
© Copyright 2019 Cause Virtual Run