Tips Aman Bersepeda

October 17, 2022 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Siapa disini yang hobi-nya bersepeda atau baru mulai sepedaan?

Bersepeda sangatlah menyenangkan dan juga menyehatkan, bahkan rutin bersepeda setiap hari dapat mencegah penyakit jantung, lho! Karena, bersepeda dapat menguatkan otot jantung, membakar lemak dan melancarkan peredaran darah.

Berbagai manfaat kesehatan yang didapatkan dari bersepeda akan menjadi semakin maksimal ketika kita selalu mengutamakan keselamatan saat bersepeda! Setuju kan, Sobat Sporty?

Oleh karena itu, Sobat Sporty wajib banget untuk mempersiapkan diri sebelum bersepeda, agar dapat bersepeda dengan aman.

Berikut tips jaga keamanan saat bersepeda yang wajib kamu lakukan sebelum mulai bersepeda!


1.Cek Sepeda dan Helm Sepeda

Sebelum bersepeda, hal yang paling penting dilakukan adalah mengecek kondisi sepeda kamu. Pastikan sepeda dalam keadaan prima dengan mengecek rem, jok, pedal, mata rantai, dan pastinya roda sepedamu.

Lakukan pengecekan sepeda setiap seminggu sekali, dan lakukan perbaikan jika memang diperlukan. Setelah yakin kalau sepeda kamu aman, jangan lupa untuk cek aksesoris sepeda kamu juga ya, terutama helm sepeda.

Pastikan kamu sudah memilih helm sepeda yang tepat dan sesuai dengan ukuran kepala kamu. Kalau belum tahu caranya, kamu bisa baca lagi nih cara memilih helm sepeda yang tepat.  


2. Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Sepatu yang Tepat

Kenyamanan saat bersepeda akan mendukung kamu untuk tetap bersepeda dengan aman. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenakan pakaian olahraga yang adem, dapat menyerap keringat, dan tentunya tidak membuatmu sulit bergerak.

Selain pakaian, pastikan kamu mengenakan sepatu olahraga atau sepatu sepeda yang sesuai dengan ukuran kakimu, ya!

Jika kamu tidak memiliki sepatu olahraga atau sepatu sepeda, kami merekomendasikan untuk memakai sepatu dengan sol yang datar dan fleksibel, agar kamu tetap nyaman saat bersepeda.




(Photo source: Shoe_Guide)

3. Perhatikan Sekitar!

Jangan sampai salfok, alias salah fokus ya!

Jaga fokus Sobat Sporty saat bersepeda, terutama saat berada di jalan raya, agar tidak tertabrak mobil dan motor yang berlalu lalang. Selain itu, perhatikan juga pengguna jalan lain, seperti pejalan kaki dan pengendara mobil atau motor di jalan.

Hindari berkendara di samping kendaraan bermotor, dan sebisa mungkin tetap bersepeda di jalur khusus sepeda saat di jalan raya, ya!


4.Patuhi Rambu Lalu Lintas

Buat sobat sporty yang suka sepedaan di jalan raya, wajib banget nih untuk selalu patuhi rambu lalu lintas. Mulai dari gunakan jalur sebelah kiri dan hindari menggunakan jalur kuning apa lagi bersepeda di trotoar.

Tidak hanya itu, sobat sporty juga bisa banget untuk mempelajari isyarat bersepeda atau sinyal tangan bagi pesepeda, agar pengguna jalan lain juga aware dengan gerak-gerik pesepeda.


5.Stay Hydrated!

Saat bersepeda dengan seluruh tenaga kita, cairan di dalam tubuh perlahan-lahan akan terkuras. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menjaga hidrasi tubuh saat bersepeda, ya!

Jika kita mengalami dehidrasi saat bersepeda, performa bersepeda akan menurun dan tentunya akan menjadi tidak fokus saat bersepeda di jalan raya.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral atau mengkonsumsi minuman isotonik, agar cair tubuh yang hilang dapat cepat terganti.


Kesimpulan

Ketika kamu memperhatikan keamanan saat bersepeda, kamu juga akan memiliki pengalaman bersepeda yang lebih menyenangkan, karena kamu sudah lebih siap dan percaya diri menghadapi situasi bersepeda di jalan raya!

Yuk share blog ini ke teman-teman yang mau kamu ajak sepedaan, agar bisa saling menjaga satu sama lain!


Recent Posts

Useful Tips
Pentingnya Cemilan Sehat bagi Pelari Pemula
Useful Tips
Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari untuk Pelari Pemula: Panduan Lengkap
© Copyright 2019 Cause Virtual Run