Bulan Peduli Kanker Payudara Indonesia bersama YKPI

August 12, 2021 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Apakah kamu tahu, setiap bulan Oktober dunia memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara (Breast Cancer Awareness Month)? Berbagai gerakan dan kampanye yang identik dengan pita merah muda ini telah dilakukan sejak tahun 1985 oleh Asosiasi Kanker Amerika, dan sejak saat itu isu tentang kanker payudara ini sudah tersebar luaskan di berbagai negara dan sudah banyak aksi nyata untuk menanggulangi kanker payudara, yang diinspirasi oleh kampanye pita merah muda ini.


Namun, bagaimana tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang Kanker Payudara?


Menurut GLOBOCAN 2020, kejadian baru kanker di dunia meningkat menjadi 19,2 juta dengan tingkat kematian sebanyak 9,9 juta. Kasus kanker payudara di seluruh dunia menempati urutan pertama kejadian kanker dengan sekitar 2,3 juta kasus baru dan 680 ribu kematian. Sementara di Indonesia sendiri, terdapat kasus baru kanker payudara mendekati angka 66,000 dengan tingkat kematian lebih dari 22,000 jiwa. 


Kita semua tentunya tahu bahwa angka yang disebutkan bukanlah sekedar angka, melainkan sebuah nyawa dari seseorang yang mungkin menjadi tulang punggung keluarga, seorang istri, seorang anak perempuan, atau seorang ibu yang masih dibutuhkan oleh anak-anaknya. Apabila kanker payudara ditemukan dalam stadium awal, maka angka kualitas hidup akan lebih baik, sehingga program preventif tentang kanker payudara sangatlah penting.


Dengan visi "Menuju Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut", Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) didirikan oleh 5 orang sahabat yang terdiri dari penyintas kanker payudara, relawan, dan dokter spesialis bedah onkologi, untuk melaksanakan berbagai kegiatan membangun kepedulian masyarakat tentang pentingnya skrining dan deteksi dini kanker payudara.


Aksi nyata yang dilakukan berupa sosialisasi tentang skrining dan deteksi dini kanker payudara ke berbagai wilayah di Indonesia, unit mobil mamografi, Virtual Praktek Peduli SADARI, Pelatihan Pendampingan Pasien Kanker Payudara Bersertifikat TUV Rheinland International, dan Rumah Singgah YKPI.


Kepercayaan diri yang terbangun di antara para pasien kanker payudara bisa menjadi energi positif untuk mereka, dan tentunya dukungan dari keluarga dan masyarakat juga sangat diperlukan untuk membangun semangat para pasien kanker payudara, dengan melakukan aktivitas sesama penyintas maupun berkegiatan bersama masyarakat dengan berolahraga bersama.


Dengan dukungan dan kepedulian dari para donatur dan seluruh pihak yang terlibat, YKPI berkolaborasi bersama Cause untuk melaksanakan Charity dalam bentuk Virtual Race dengan tema "Wonder Fighters Charity Virtual Race", yang akan diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan di Bulan Peduli Kanker Payudara yang jatuh pada bulan Oktober 2021. Mari kita Saling Jaga, Saling Peduli dalam memberi semangat kepada para penyintas dan penyandang kanker payudara di Indonesia dengan mengikuti "Wonder Fighters Charity Virtual Race"!

Setiap partisipasi kamu dapat menyemangati satu penyandang kanker payudara di Indonesia untuk sembuh.

Recent Posts

Useful Tips
Pentingnya Cemilan Sehat bagi Pelari Pemula
Useful Tips
Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari untuk Pelari Pemula: Panduan Lengkap
© Copyright 2019 Cause Virtual Run