Meningkatkan Performa Lari dengan Jeff Galloway's Run-Walk Method

February 9, 2023 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   



INTRO

Hai Sobat Sporty! Siapa disini yang masih sering kesulitan meningkatkan performa lari atau justru kaki jadi terasa nyeri dan pegal setelah latihan lari?


Jika iya, kamu wajib tahu tentang Jeff Galloway’s Run-Walk Method! Metode lari yang sederhana ini tidak hanya membantu meningkatkan performa lari, tetapi juga membantu mengurangi risiko cedera.


Meskipun metode lari ini memiliki menu latihan yang sederhana, metode lari ini sudah sering digunakan oleh banyak pelari atlet untuk membangun kekuatan dan tahan lama secara bertahap serta memperpanjang waktu latihan. Selain pelari atlet, kesederhanaan menu latihan dari Run-Walk method juga menjadi pilihan tepat untuk para pelari pemula.


Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Jeff Galloway's Run-Walk Method dan bagaimana cara menerapkannya dalam latihan berlari kalian. Yuk tingkatkan performa lari kita bareng-bareng!


SEJARAH RUN-WALK METHOD

Jeff Galloway ialah penemu metode lari Run-Walk. Ia merupakan mantan atlet olympic Amerika dengan pengalaman lari lebih dari 50 tahun. Kini, Jeff Galloway dikenal sebagai penulis, motivator dan pelatih.


Run-Walk method pertama kali ditemukan Galloway pada tahun 1974 untuk memperkenalkan olahraga lari kepada pemula, dengan tujuan menarik lebih banyak customer untuk mengunjungi toko olahraganya.


Tetapi studi menemukan bahwa metode ini terbukti dalam mengurangi tingkat kelelahan dan nyeri pada otot, sehingga bisa berolahraga lebih lama. Sejak saat itu, metode ini digunakan untuk melatih atlet-atlet marathon tanpa resiko cedera.


BAGAIMANA CARA MELAKUKAN RUN-WALK METHOD?

Strategi lari dengan metode ini cukup sederhana. Dimulai dengan pemanasan, dan diikuti oleh interval lari dan berjalan. Durasi interval lari dan berjalan dapat ditentukan senyamannya oleh pelari.


Kira-kira contoh menu latihan Run-Walk Method seperti ini:

1. Pemanasan

2. Lari 3 menit

3. Jalan 30 detik

4. Ulangi langkah 2 & 3 hingga selesai

5. Pendinginan


Simple, kan? tapi berpengaruh besar terhadap performa lari kamu dalam jangka panjang, lho!


MANFAAT RUN-WALK METHOD

Meskipun sederhana, metode lari ini punya segudang manfaat, terutama untuk pelari pemula. Manfaatnya sebagai berikut:


Meningkatkan jarak lari

Memadukan lari dan berjalan bisa membantu kamu untuk olahraga lebih lama. Jika kamu biasa kuat lari hanya 15 - 20 menit, mungkin dengan metode ini kamu bisa lari 30 menit lebih lama. Sehingga, jarak yang kamu tempuh juga bisa lebih jauh!\


Pemulihan lebih cepat

Bagi pelari marathon, latihan long run sangatlah melelahkan dan membuat mental drop karena terasa sangat lama dan bikin otot nyeri. Tetapi dengan Run-Walk Method, latihan long run akan terasa lebih bisa dinikmati.


Pace lebih terkontrol

Run-Walk method bisa membantu pelari untuk menjaga pace saat marathon, agar tidak mudah lelah dan bisa finish strong melewati pelari lain menuju garis finish.


Membantu adaptasi tubuh

Metode lari ini bisa membantu tubuh untuk beradaptasi lebih cepat dengan situasi lapangan sambil menjaga tingkat heart rate saat lari.


RUN-WALK METHOD COCOK UNTUK SIAPA?

Saking sederhananya, metode lari ini cocok dilakukan oleh siapapun, tetapi metode lari ini akan paling bermanfaat buat mereka yang:

  • Baru mulai lari

  • Mau mengikuti marathon atau half-marathon

  • Lagi latihan untuk triathlon

  • Punya kecenderungan atau lagi recovery cedera kaki

  • Ingin bisa lari lebih cepat


KESIMPULAN

Intinya, jalan juga termasuk olahraga kok!


Kalau kamu masih berpikir istirahat jalan artinya males lari atau tanda gak kuat lari, yuk dibuang jauh-jauh pemikirannya!


Soalnya istirahat jalan yang direncanain bisa bantu kamu lari lebih jauh dan lama.

Recent Posts

Useful Tips
Pentingnya Cemilan Sehat bagi Pelari Pemula
Useful Tips
Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari untuk Pelari Pemula: Panduan Lengkap
© Copyright 2019 Cause Virtual Run