10 Perlengkapan Sepeda Wajib Dimiliki Pemula

September 30, 2022 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Kamu lagi berencana untuk mulai bersepeda? Pastikan pengalaman bersepeda kamu menyenangkan dengan investasi di perlengkapan sepeda WAJIB ini, ya!


Tenang, biar kamu gak pusing memilih perlengkapan sepeda apa saja yang harus dibeli, Cause sudah siapkan daftar 10 perlengkapan sepeda yang WAJIB kamu miliki sebagai pesepeda pemula.


1. HELM SEPEDA



Helm adalah hal pertama yang harus dibeli setelah memiliki sepeda. Selain untuk keamanan, helm ada berbagai tipenya juga, lho!


Helm mountain bike (MTB) berbentuk full coverage seperti helm motor, sedangkan helm road bike memiliki lebih banyak ventilasi dan ringan untuk memaksimalkan aerodinamika saat bersepeda.


2. BIDON + HOLDER



Bidon atau botol air untuk bersepeda penting untuk kamu miliki, agar kamu bisa tetap terhidrasi saat bersepeda.


Supaya tidak ribet bawa botol air di dalam tas, kamu bisa memasang bidon kamu di frame sepeda menggunakan bottle holder.


3. PERKAKAS MULTIFUNGSI + SPARE BAN SEPEDA


Gak ada yang mau hal buruk terjadi saat sepedaan, tapi terkadang ban bocor dan lain-lainnya bisa saja terjadi.


Kamu wajib punya perkakas multifungsi dan cadangan ban untuk mengganti dengan yang baru.


4. POMPA SEPEDA MINI



Perkakasnya sudah punya dan siap dipakai jika perlu ganti ban mendadak, sekarang giliran alat buat mengisi udara di ban baru yang perlu kamu miliki.


Kamu bisa membeli pompa mini agar lebih mudah dibawa kemana-mana.


5. LAMPU & REFLEKTOR SEPEDA



Sama seperti kendaraan lainnya, sepeda diwajibkan untuk memiliki lampu dan reflektor demi keamanan pesepeda dan pengendara lain.


Hal ini sudah diatur di dalam undang-undang, lho!


6. GEMBOK SEPEDA



Tidak hanya keamanan diri saja yang perlu, tetapi juga sepeda. Setiap pesepeda perlu memiliki gembok untuk mengamankan sepeda saat diparkir di tempat umum.


Pastikan kamu gak salah pasang gemboknya, ya!


7. TAS SEPEDA



Tas sepeda memiliki berbagai tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan. Ada saddle bag, handle bags, pannier, dan lain-lain.


Kalau sudah punya tas sepeda, kamu jadi lebih mudah membawa semua perlengkapan sepedamu, deh!


8. JERSEY SEPEDA



Tidak masalah memakai kaos biasa untuk bersepeda, tetapi kalau kamu ingin bersepeda jarak jauh, sebaiknya kamu memakai jersey sepeda.


Jersey sepeda didesain dengan bahan yang adem dan melindungi kamu dari panas, agar kamu tetap nyaman dan berperforma baik saat bersepeda.


9. CELANA SEPEDA



Bersepeda jarak pendek dengan celana apapun tidak masalah, tetapi saat bersepeda jarak jauh, bagian bokong akan mulai terasa pegal.


Jadi, kalau kamu ada rencana bergabung komunitas sepeda atau mulai rutin bersepeda, sebaiknya kamu memakai celana sepeda yang dilengkapi bantalan empuk.


10. TRACKER/BIKE COMPUTER



Tentunya saat bersepeda pasti ingin tau kan jarak dan performa kamu sudah sejauh mana?


Kamu bisa tracking jarak dan performa secara gratis menggunakan aplikasi tracking, seperti Cause Virtual Run & Ride di smartphone kamu. Kamu bisa download aplikasinya di bit.ly/causeid ya!


Kalau kamu ingin investasi lebih, kamu bisa membeli Bike Computer yang dapat dipasang pada handle sepedamu.


Kesimpulan


Memiliki perlengkapan sepeda yang tepat dan lengkap akan mempermudah kamu saat mulai bersepeda nanti. Tapi tentunya, sebelum membeli semua perlengkapan yang disebutkan di atas, pastikan kamu memilih jenis sepeda yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!


Kalau masih bingung mau milih jenis sepeda yang cocok untukmu, kamu bisa cek tips membedakan jenis sepeda agar kamu bisa menentukan jenis sepeda yang tepat untuk kamu!

Recent Posts

Useful Tips
Pentingnya Cemilan Sehat bagi Pelari Pemula
Useful Tips
Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari untuk Pelari Pemula: Panduan Lengkap
© Copyright 2019 Cause Virtual Run