Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari untuk Pelari Pemula: Panduan Lengkap

September 15, 2023 | Useful Tips

Share this post

Share to WhatsApp    Share to Telegram   

Berlari bukan sekedar mengenakan sepatu dan mulai berlari di jalanan, tetapi juga melibatkan apa yang kamu makan sebelum memulai aktivitas lari. Pemenuhan nutrisi sebelum lari adalah hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi performa lari kamu.


Dalam artikel ini, kita akan membahas tips pemenuhan nutrisi sebelum berlari yang tepat dan lengkap, terutama bagi pelari pemula!


Mengapa Pemenuhan Nutrisi Sebelum Berlari Sangat Penting untuk Pemula?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, penting untuk memahami mengapa pemenuhan nutrisi sebelum berlari sangatlah penting.


Tubuh kamu memerlukan energi untuk berperforma dengan baik, dan asupan yang tepat bisa membantu kamu menghindari kelelahan yang terlalu cepat saat berlari.


Pemenuhan nutrisi sebelum berlari juga dapat mencegah sakit perut dan meningkatkan daya tahan tubuh kamu secara optimal.


Menu Makanan Sebelum Berlari untuk Pemula

Jadi, apa yang harus dimakan sebelum berlari? Jawabannya tergantung pada durasi dan intensitas lari kamu!


Untuk lari singkat atau easy run (30 menit atau kurang), cemilan kecil atau snack yang mengandung karbohidrat sudah cukup untuk memenuhi nutrisi sebelum berlari.


Kamu bisa mencoba buah pisang, sepotong roti gandum dengan selai almond, atau satu mangkok/cup yogurt dengan granola.


Untuk lari yang lebih lama, terutama yang berlangsung lebih dari satu jam seperti long run, dibutuhkan makanan yang lebih substansial.


Coba konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks (seperti oatmeal atau pasta whole-grain), protein rendah lemak (seperti ayam atau tahu), dan lemak sehat (seperti alpukat atau kacang).


Tentunya, penting juga untuk menjaga hidrasi dengan baik sebelum kamu mulai berlari, ya!


Kapan Sebaiknya Makan

Waktu makan juga penting dalam pemenuhan nutrisi sebelum berlari. Idealnya, kamu harus mengkonsumsi makanan atau cemilan 1 hingga 3 jam sebelum memulai lari.


Hal ini memungkinan tubuh kamu untuk mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik, dan memberikanmu energi yang tahan lama selama berlari.


Jika kamu makan sesuatu yang lebih ringan, seperti buah pisang, kamu bisa melakukannya 30 menit hingga satu jam sebelum berlari.


Makanan yang Harus Dihindari

Beberapa makanan ada yang dapat meningkatkan performa lari kamu, tetapi ada juga yang sebaiknya dihindari.


Hindari makanan tinggi serat, makanan pedas, dan makanan berat yang dikonsumsi persis sebelum berlari, karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut. Minuman berkarbonasi dan makanan tinggi lemak juga bisa menjadi masalah.


Cobalah berbagai jenis makanan selama proses latihan lari kamu untuk menemukan makanan apa yang paling cocok untuk kamu.


Pentingnya Hidrasi

Jangan lupa untuk menghidrasi tubuh, ya!


Dehidrasi dapat berdampak besar pada performa lari kamu. Minumlah air sepanjang hari sebelum kamu mulai berlari.


Jika kamu akan berlari jarak jauh atau di tengah cuaca panas, pertimbangkan untuk mengonsumsi minuman berelektrolit untuk menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat.


Kesimpulan

Pemenuhan nutrisi sebelum berlari adalah bagian penting dari rutinitas setiap pelari, terutama bagi pelari pemula.


Cobalah berbagai makanan dan jadwal makan yang sesuai dengan kamu untuk menemukan apa yang terbaik untuk performa lari kamu.


Ingat, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang unik, jadi apa yang cocok untuk satu orang belum cocok untuk yang lain.


Tapi yang paling pasti, dengan nutrisi yang tepat, kamu akan lebih siap untuk menempuh jarak lari yang kamu rencanakan dan mencapai target berlari kamu!


Lalu, Apa Selanjutnya?

Sekarang kamu sudah memahami pentingnya pemenuhan nutrisi sebelum berlari, selanjutnya kita akan membahas pentingnya ngemil sehat bagi pelari pemula.


Penasaran kan kalau ternyata ngemil itu bagian penting dalam proses latihan lari? Jadi, stay tuned di Instagram @causeid untuk pengumuman topik artikel selanjutnya, ya!

Recent Posts

Useful Tips
Pentingnya Cemilan Sehat bagi Pelari Pemula
Updates
Move For Coffee - Ngopi Hemat Modal Lari & Bersepeda
© Copyright 2019 Cause Virtual Run